Download

BThemes

Get A FREE Hit Counter
 
 
Senin, 11 Januari 2010

Sungai Mahakam


Sungai Mahakam
Kabupaten Kutai Kartanegara - Kalimantan Timur - Indonesia
Sungai Mahakam
Sungai Mahakam Mengalir di Kabupaten Kutai Barat, Kabupaten Kutai Kartanegara, dan Kota Samarinda
Sungai Mahakam merupakan sungai terbesar yang membelah Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Sungai ini telah menjadi nadi kehidupan untuk masyarakat di desa-desa kecil yang ada di hulu, hilir, dan sepanjang anak sungainya. Sungai ini  melintasi wilayah Kabupaten Kutai Barat di bagian hulu hingga Kabupaten Kutai  Kartanegara dan Kota Samarinda di bagian hilirnya. Panjang sungai ini mencapai 920 km dengan luasnya sekitar 149.277 km2. Sungai Mahakam memiliki beberapa anak sungai, yaitu Sungai Belayan, Sungai  Lawa, Sungai Kedang Kepala, Sungai Telen, dan Sungai Tenggarong.


Keistimewaan

Di samping menikmati aliran Sungai Mahakam yang indah dan berbagai pemandangan yang ada di sekitarnya, para pengunjung juga dapat menikmati sejumlah obyek wisata yang ada  di kawasan Sungai Mahakam ini. Misalnya, Pesut Mahakam. Di sana terdapat lumba-lumba air tawar (Irrawaddy Dolphin) yang jarang ditemui di tempat  lain. Lumba-lumba ini mudah dijumpai pada musim tertentu saja. Habitat utama lumba-lumba ini ada di antara Muara Kaman hingga Melak, dengan populasi  terbesar ada di Muara Pahu. Lumba-lumba ini akan muncul biasanya di pagi hari (antara pukul 06.00-08.00 WITA) atau di sore hari (antara 16.00-18.00 WITA). Selain lumba-lumba, pengunjung juga dapat melihat beberapa jenis unggas dan mamalia, seperti Enggang, Bangau Tong-tong, Raja Udang, Bekantan, Lutung, Berang-berang,  dan berbagai jenis satwa lainnya.

Di kawasan  Sungai Mahakam juga terdapat sebuah pulau kecil yang letaknya persis di tengah-tengah  sungai, yaitu Pulau Kumala. Luas pulau ini adalah 75 hektar. Para pengunjung  yang ingin menuju lokasi ini dapat menggunakan kereta gantung (cable car) atau juga bisa dengan perahu motor/ketinting yang tersedia di dermaga Kota  Tenggarong. Ada sejumlah fasilitas menarik di pulau ini, yaitu: 

  1. Menara  tinggi (sky tower). Para pengunjung dapat melihat panorama Kota  Tenggarong dari ketinggian 75 meter. 
  2. Kereta api  keliling pulau. 
  3. Kereta gantung (cable car), yang menghubungkan Tenggarong Seberang dengan Pulau  Kumala. 
  4. Lamin atau  rumah adat suku Dayak.

Lokasi

Sungai Mahakam masuk dalam tiga wilayah administratif pemerintah (kabupaten), yaitu Kabupaten Kutai Barat, Kabupaten Kutai Kartanegara, dan Kota Samarinda, Provinsi  Kalimantan Timur, Indonesia.

Akses

Akses  menuju lokasi Sungai Mahakam dapat dilakukan melalui sejumlah cara. Sebagian  besar daerah hulu sungai hanya dapat dijangkau dengan perahu saja. Penduduk sekitar  sungai biasanya menggunakan jukung, yaitu perahu panjang tradisional  tanpa mesin. Sementara daerah hilir sungai dapat dijangkau dengan alat  transportasi darat yang membelah hutan belantara. Namun sayangnya, jalur darat  tidak begitu nyaman karena banyak jalan yang rusak dan berlubang. Pengunjung yang menempuh jalur darat disarankan agar menggunakan mobil 4WD. Jalur darat  yang masih di dalam kota bisa juga diakses dengan menggunakan taksi atau mobil  angkutan umum. Pengunjung yang ingin menempuh jalur udara dapat memanfaatkan pesawat  perintis dengan kapasitas penumpang antara 8 hingga 40 orang, baik dari DAS  (Dirgantara Air Service) maupun Kal Star. 

Tiket

(Dalam  proses pengumpulan data)

Akomodasi dan Fasilitas

(Dalam  proses pengumpulan data)

Baca Juga Artikel yang Lainnya!

0 comments:

Poskan Komentar

Get Updates Via E-Mail!

BTricks

 
10 March 2011 - 18:57 IMT
© 2011 Copyright www.jethornet.com Themes By Aditya Bhaskara