Download

BThemes

Get A FREE Hit Counter
 
 
Sabtu, 09 Januari 2010

Makam Serdadu Belanda, Kerkoff Peucut

Makam Serdadu Belanda, Kerkoff Peucut
Kota Banda Aceh - Nanggroe Aceh Darussalam - Indonesia
Makam Serdadu   Belanda, Kerkoff Peucut
Makam Serdadu Belanda, Kerkoff Peucut
Kerkoff berasal dari bahasa Belanda yang berarti kuburan, sedangkan Peucut (Pocut) berasal dari Poteu cut yang berarti pangeran. Pada relief dinding gerbang makam tertulis nama-nama serdadu Belanda yang meninggal dalam pertempuran dengan masyarakat Aceh (setiap relief ada 30 nama); daerah pertempuran, seperti di Sigli, Moekim, Tjot Basetoel, Lambari en Teunom, Kandang, Toeanko, Lambesoi, Koewala, Tjot Rang - Pajaoe, Lepong Ara, Oleh Karang – Dango, dan Samalanga); dan tahun meninggal para serdadu (1873-1910). Di antara para serdadu Belanda tersebut ada beberapa nama prajurit Marsose yang berasal dari Ambon, Manado dan Jawa. Para prajurit Marsose yang berasal dari Jawa ditandai dengan identitas IF (inlander fuselier) di belakang namanya, prajurit dari Ambon dengan tanda AMB, prajurit dari Manado dengan tanda MND, dan serdadu Belanda dengan tanda EF/ F. Art.

Keistimewaan

Di lahan seluas dua hektar terdapat sekitar 2.200 makam serdadu Belanda. Batu-batu nisannya berwarna putih yang tampak berjajar dengan rapi. Di bagian kiri pintu gerbang tertulis ”in memoriam Generaal – Majoor JHR Kohler, Gesneuveld, 14 April 1873”.

Pekuburan ini merupakan simbol perjuangan, keberanian dan kepahlawanan masyarakat Aceh melawan penjajah Belanda. Pada waktu tentara Belanda mendarat di Aceh pada tahun 1873, pasukan Belanda dipimpin oleh Jenderal Kohler yang kemudian tewas di depan Masjid Raya Baiturrahman pada tanggal 14 April 1873. Ia dikubur di Batavia. Atas permintaan Gubernur Aceh Muzakir Walad sebagai simbol peringatan sejarah perang Aceh-Belanda, maka pada tanggal 19 Mei 1978 jasad Kohler dipindahkan ke Kerkoff. Banyak wisatawan lokal dan mancanegara, khususnya dari Belanda yang berkunjung ke lokasi makam ini.

Lokasi

Lokasi makam terletak di Desa Blower, Kotamadya Banda Aceh, Nanggroe Aceh Darussalam, Indonesia.

Akses Menuju Lokasi

Akses menuju ke lokasi ini sangat mudah, karena Desa Blower berada di tengah kota Banda Aceh. Para peziarah dapat masuk menuju lokasi dari pintu gerbang yang terlihat dari jalan besar di depan Blang Padang. Banyak angkutan umum yang lalu lalang melewati lokasi ini, seperti taxi, becak mesin dan labi-labi. Labi-labi yang melewati rute Kerkoff adalah jurusan Lhoknga – Pasar Aceh, Ulelheu – Pasar Aceh, Lamteumen – Pasar Aceh, dan Lamlagang – Pasar Aceh.

Harga Tiket

Tidak dipungut biaya untuk masuk ke lokasi Kerkoff.

Akomodasi

Berhubung letaknya di tengah Kota Banda Aceh, tidak sulit mencari penginapan kelas melati atau pun hotel berbintang.

Baca Juga Artikel yang Lainnya!

0 comments:

Poskan Komentar

Get Updates Via E-Mail!

BTricks

 
10 March 2011 - 18:57 IMT
© 2011 Copyright www.jethornet.com Themes By Aditya Bhaskara