Download

BThemes

Get A FREE Hit Counter
 
 
Sabtu, 09 Januari 2010

Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta
Kota Yogyakarta - D.I. Yogyakarta - Indonesia
Keraton Yogyakarta
Keraton Yogyakarta
Keraton Yogyakarta merupakan pusat budaya Jawa di Yogyakarta yang masih eksis hingga saat ini. Keraton Yogyakarta didirikan oleh Sultan Hamengku Buwono I. Saat ini, raja di Keraton Yogyakarta adalah Sri Sultan Hamengku Buwono X. Pada waktu masih menjadi putra mahkota, Sultan HB X bernama Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (KGPH) Mangkubumi. Pada saat ini, Sultan HB X menjabat sebagai Gubernur DIY.

Di dalam Keraton terdapat berbagai bangunan dengan nama dan fungsinya masing-masing, pusaka-pusaka kerajaan, perpustakaan yang menyimpan naskah-naskah kuno, dan museum foto yang menyimpan puluhan foto raja-raja Yogyakarta, keluarga dan kerabatnya. Berbagai upacara tradisional masih dilaksanakan secara rutin di Keraton Yogyakarta, antara lain ‘jamasan‘ (memandikan) pusaka dan kereta kerajaan dan Grebeg Maulud. Sultan dan keluarganya tinggal di bagian dalam yang disebut Keraton Kilen.

Keistimewaan

Keraton Yogyakarta merupakan salah satu istana kerajaan yang masih berfungsi sepenuhnya di antara sekian banyak kerajaan di Indonesia. Sebagai provinsi yang memiliki keistimewaan, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta tidak bisa dilepaskan darikeberadaan Keraton Yogyakarta.

Lokasi

Keraton Yogyakarta berada di pusat kota Yogyakarta, dengan halaman depan adalah Alun-alun Utara dan halaman belakang adalah Alun-alun Selatan.

Akses

Keraton Yogyakarta bisa dicapai dengan kendaraan apa saja.

Harga Tiket

Tiket masuk ke bagian depan Keraton, yaitu Pagelaran, Siti Hinggil, dan sekitarnya adalah Rp. 5.000,- , sedangkan tiket masuk untuk bagian dalam Keraton melalui Keben adalah sebesar Rp. 7.000,-

Akomodasi dan Fasilitas

Tempat parkir kendaraan terdapat di sekitar Pagelaran, sekitar Keben, dan Alun-alun Utara. Banyak terdapat kios penjual cinderamata di sekitar Keraton.
Baca Juga Artikel yang Lainnya!

0 comments:

Posting Komentar

Get Updates Via E-Mail!

BTricks

 
10 March 2011 - 18:57 IMT
© 2011 Copyright www.jethornet.com Themes By Aditya Bhaskara