Download

BThemes

Get A FREE Hit Counter
 
 
Senin, 11 Januari 2010

Hutan Lindung Sungai Wain


Hutan Lindung Sungai Wain
Kota Balikpapan - Kalimantan Timur - Indonesia
Hutan Lindung 
Sungai Wain
Hutan Lindung Sungai Wain di Kota Balikpapan


Hutan Lindung  Sungai Wain (HLSW) merupakan salah satu obyek wisata alam di Provinsi  Kalimantan Timur, Indonesia. HLSW adalah perpaduan obyek wisata hutan dan  sungai. Luas keseluruhan kawasan HLSW adalah 10.025 hektar.


Kawasan HLSW  selalu dikembangkan dari tahun ke tahun. Sejak tahun 1934, HLSW secara langsung  dipelihara oleh Sultan Kutai. Pada tahun 1947, kawasan ini mulai dimanfatakan  sebagai penampungan air bersih. Pada tahun 1992 dan 1996, HLSW dikembangkan untuk  merehabilitasi 80 orangutan hasil tangkapan Borneo Orangutan Survival  Foundations (BOSF). HLSW juga difungsikan sebagai pusat laboratorium flora dan  fauna di Balikpapan. Di samping itu, HLSW juga berfungsi sebagai pusat  pendidikan lingkungan.

Keistimewaan

Ada beberapa  pilihan yang dapat dinikmati oleh para pengunjung di kawasan HLSW ini.  Pengunjung dapat menikmati aliran Sungai Wain yang panjangnya mencapai 18.300  meter, airnya sangat jernih, dan di samping kanan-kirinya terdapat hutan bakau.  Di kawasan HLSW juga terhadap sejumlah binatang satwa, yaitu orangutan, kera,  burung, ikan, beruang, dan lain sebagainya.
Kondisi HLSW yang  sebagiannya merupakan rawa-rawa, memerlukan persiapan yang matang bagi para  pengunjung. Pengunjung sebaiknya menggunakan sepatu boots agar lebih nyaman  ketika menelusuri kawasan HLSW ini.

Di lokasi ini, pengunjung  juga dapat menikmati trekking pendek dengan melintasi jalur sepanjang 400 meter  di atas titian kayu, yaitu jembatan pajang yang ada di dekat waduk air Sungai  Wain. Pengunjung juga bisa menikmati trekking sepanjang 3 km sambil melihat-lihat  beberapa tumbuhan langka, seperti Kantung Semar. Untuk dapat menikmati aneka  ragam tumbuhan dan juga binatang langka, seperti mengamati beruang madu yang  berjumlah 60 ekor, pengunjung perlu mendapatkan ijin khusus dari pihak  pengelola. Jika ingin menikmati pemandangan pedalaman kawasan HLSW yang lebih  menantang lagi, pengujung perlu melakukan trekking sepanjang 8 km hingga sampai  di base camp Jamaluddin. Disarankan agar pengunjung menetap di sana  selama beberapa hari sambil menelusuri dan mengamati pemandangan yang ada di  sekitarnya.

Lokasi

HLSW masuk dalam  wilayah Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia.

Akses

Untuk menuju HLSW,  pengunjung dapat menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat melalui Kota  Balikpapan yang berjarak sekitar 15 km ke arah utara. Lokasinya persis di  pinggir jalan raya Balikpapan-Samarinda.

Tiket

Dalam proses  pengumpulan data

Akomodasi dan  Fasilitas

Dalam proses  pengumpulan data


Baca Juga Artikel yang Lainnya!

0 comments:

Poskan Komentar

Get Updates Via E-Mail!

BTricks

 
10 March 2011 - 18:57 IMT
© 2011 Copyright www.jethornet.com Themes By Aditya Bhaskara