Download

BThemes

Get A FREE Hit Counter
 
 
Senin, 11 Januari 2010

Air Terjun Sedudo

Air Terjun Sedudo
Kabupaten Nganjuk - Jawa Timur - Indonesia
Air Terjun Sedudo
Air Terjun Sedudo
Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, memiliki wisata alam yang cukup terkenal, yaitu Air Terjun Sedudo. Air terjun ini berada pada ketinggian 1.438 meter di atas permukaan laut (dpl) dengan ketinggian air terjun sekitar 105 meter. Panorama Air Terjun Sedudo sangat memikat, karena lokasinya berada di lereng Gunung Wilis, yakni sebuah gunung tidak aktif dengan ketinggian 2.552 meter dpl, di selatan kota Nganjuk.

Keistimewaan

Mengunjungi lokasi wisata ini, pengunjung dapat menikmati indahnya pancuran air raksasa yang meluncur dari ketinggian bukit. Selain menikmati wisata alam, wisatawan juga dapat menikmati wisata budaya. Pada hari-hari biasa tingkat kunjungan wisatawan tidak terlalu ramai, berbeda dengan tingkat kunjungan wisatawan pada bulan Suro (bulan pertama pada Kalender Jawa). Masyarakat di sekitar air terjun memiliki kepercayaan bahwa Air Terjun Sedudo mempunyai kekuatan supranatural. Menurut mitos yang berkembang, pada bulan ini Air Terjun Sedudo dipercaya membawa berkah awet muda bagi orang yang mandi di air terjun tersebut.

Setiap tanggal 1 Suro, Air Terjun Sedudo dipergunakan untuk upacara Parna Prahista, yaitu ritual memandikan arca, yang kemudian sisa airnya dipercikan kepada anggota keluarga agar mendapat berkah keselamatan dan awet muda. Hingga sekarang, pihak pemerintah Kabupaten Nganjuk secara rutin melaksanakan acara ritual “Mandi Sedudo” setiap tahun baru Jawa tersebut.

Oleh karena lokasi air terjun berada di lereng Gunung Wilis, maka wisatawan bisa sekalian menikmati panorama Gunung Wilis atau bahkan melakukan pendakian.

Lokasi

Air Terjun Sedudo terletak di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

Akses

Wisatawan yang berminat mengunjungi Air Terjun Sedudo dapat mencapai Kota Nganjuk dari arah Surabaya atau Yogyakarta. Dari arah Surabaya, Nganjuk berjarak + 110 km, sedangkan dari Yogyakarta + 200 km. Perjalanan dapat ditempuh dengan angkutan umum (bus) maupun kendaraan pribadi.

Dari kota Nganjuk, wisatawan masih harus menempuh perjalanan sejauh 30 km ke arah selatan ibukota kabupaten. Jalur transportasi ke arah lokasi wisata terbilang baik karena jalannya yang mulus. Namun demikian, karena lokasinya di gunung, jalan menuju Air Terjun Sedudo cenderung menanjak, naik-turun, dan berkelok-kelok. Kondisi jalan seperti ini tentu sulit untuk dilewati oleh kendaraan umum seperti bus. Oleh karena itu, bila berniat berwisata ke air terjun Sedudo, sebaiknya gunakan kendaraan roda empat non-bus (kendaraan pribadi).

Harga Tiket

Mengunjungi wisata alam air terjun sedudo dikenai biaya sekitar Rp 2.500.

Akomodasi dan Fasilitas Lainnya

Wisatawan yang membutuhkan penginapan dapat menyewa hotel yang berada di sekitar lokasi air terjun. Kalau ingin sekalian membeli oleh-oleh, di dekat lokasi air terjun juga terdapat pedagang yang menjual oleh-oleh khas daerah pegunungan, misalnya sayur dan buah-buahan (seperti jeruk, durian, dan pisang).

Baca Juga Artikel yang Lainnya!

0 comments:

Posting Komentar

Get Updates Via E-Mail!

BTricks

 
10 March 2011 - 18:57 IMT
© 2011 Copyright www.jethornet.com Themes By Aditya Bhaskara