Download

BThemes

Get A FREE Hit Counter
 
 
Kamis, 24 Desember 2009

Pura Lingsar

Pura Lingsar
Kabupaten Lombok Barat - Nusa Tenggara Barat - Indonesia
Pura Lingsar
Pura Lingsar
Pura Lingsar merupakan pura terbesar dan tertua di Pulau Lombok yang dibangun pada tahun 1714 oleh Raja Anak Agung Ngurah. Bangunan yang dianggap suci ini pernah mengalami renovasi pada beberapa bagiannya pada tahun 1878.

Pura ini merupakan simbol kerukunan antar umat beragama karena selain tempat ibadah umat Hindu, pura ini juga dimanfaatkan oleh umat Islam suku Sasak yang beraliran wektu telu. Di dalam Pura ini terdapat dua bangunan. Bangunan pura untuk umat Hindu dinamakan Gaduh sementara bagian untuk suku Sasak disebut Kemaliq (tempat keramat atau suci). Di depan kedua bangunan tersebut terdapat dua rumah tinggal yang dihuni oleh pemangku (pemimpin agama umat Hindu) serta amangku (pemuka adat suku Sasak) yang keduanya dipilih secara turun temurun.

Keistimewaan

Kenapa anda harus ke lokasi ini? Ada beberapa hal berbeda dalam Pura ini sehingga layak untuk anda kunjungi. Dalam Pura ini mengalir sebuah mata air yang dianggap suci oleh sebagian penduduk karena dipercaya mampu memberikan peruntungan. Di dalam mata air tersebut, ada ikan julit (ikan yang mirip belut) yang berumur ratusan tahun. Apabila seorang wisatawan mengunjungi kolam ini dan ikan tersebut kebetulan keluar, ini menandakan kebaikan bagi wisatawan itu. Karenanya, para wisatawan biasanya menggunakan berbagai cara agar ikan tersebut bisa keluar, di antaranya memancingnya dengan sebutir telur.

Selain itu, bagi anda yang tertarik dengan fenomena kerukunan antar umat beragama, datanglah pada tiap bulan keenam menurut perhitungan kalender Bali atau bulan ketujuh menurut kalender Sasak (biasanya jatuh pada penghujung akhir bulan November-Desember). Suku Sasak yang beragama Islam aliran Wetu Telu bersama umat Hindu biasanya melaksanakan Perang Topat. Perang ini bukan konflik, melainkan ritual bersama sebagai wujud rasa syukur atas karunia Tuhan dan permohonan agar menurunkan hujan bagi masyarakat setempat.

Lokasi

Pura ini terletak 9 km utara kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

Akses

Untuk menuju lokasi Pura ini, para wisatawan bisa menggunakan kendaraan umum (bemo) dari terminal kota Mataram menuju kecamatan Narmada. Dari sana, banyak kendaraan umum yang bisa mengantarkan anda langsung ke lokasi. Tarif bemo berkisar antara Rp. 2.500 hingga 3.000,- baik dekat maupun jauh.

Harga Tiket Masuk

Dalam Proses pengumpulan informasi

Akomodasi dan Fasilitas Lainnya

Di sekitar lokasi Pura Lingsar banyak sekali terdapat penginapan seperti hotel dan losmen.

Baca Juga Artikel yang Lainnya!

0 comments:

Poskan Komentar

Get Updates Via E-Mail!

BTricks

 
10 March 2011 - 18:57 IMT
© 2011 Copyright www.jethornet.com Themes By Aditya Bhaskara